Halaman

Jumat, 01 Oktober 2010

TEKNOLOGI BLACKBERRY

BlackBerry adalah garis dari e-mail mobile dan perangkat smartphone yang dikembangkan dan dirancang oleh perusahaan Kanada Research In Motion (RIM) sejak tahun 1996.
BlackBerry berfungsi sebagai Personal Digital Assistant dengan buku alamat, kalender dan to-do list kemampuan. Hal ini juga berfungsi sebagai media player portabel dengan dukungan untuk musik dan pemutaran video dan gambar video kamera dan kemampuan. BlackBerry dikenal karena kemampuan untuk mengirim dan menerima (push) Internet e-mail di mana pun cakupan jaringan layanan mobile hadir, atau melalui konektivitas Wi-Fi. BlackBerry, terutama telepon pesan dengan array terbesar pesan fitur pada hari ini Smartphone. Ini termasuk teks otomatis, auto-right, prediksi teks, dukungan untuk berbagai bahasa, cara pintas keyboard, emoticon teks, email push, push Facebook dan pemberitahuan Myspace, push pemberitahuan Ebay, mendorong pesan instan dengan BlackBerry Messenger, Google Messenger, ICQ, Windows live messenger dan Yahoo Messenger; pesan teks berulir dan lampu indikator disesuaikan dekat bagian kanan atas semua perangkat Blackberry. Semua pemberitahuan dan percakapan dari aplikasi ditampilkan dalam aplikasi olahpesan yang bersatu aplikasi pihak ketiga dapat mengakses juga. Banyak aplikasi ini harus berjalan di latar belakang telepon lain untuk digunakan. BlackBerry push memberikan hidup baterai perangkat BlackBerry mereka yang terkenal. Semua data di telepon dikompresi melalui BIS. BlackBerry memiliki sekitar dua pertiga transfer data kurang daripada smartphone lainnya , sementara memasok informasi yang sama.

BlackBerry perintah pangsa 20,8% dari penjualan smartphone di seluruh dunia, membuatnya menjadi platform yang paling populer kedua setelah Nokia Symbian OS [3] [4] konsumen BlackBerry Internet Service (BIS). Tersedia di 91 negara di seluruh dunia pada lebih dari 500 operator layanan mobile menggunakan mobile berbagai teknologi. [5]
Perangkat BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 sebagai pager dua arah. Pada tahun 2002, lebih dikenal smartphone BlackBerry dirilis, yang mendukung push e-mail, telepon seluler, pesan teks, fax internet, browsing Web dan layanan informasi nirkabel lainnya. Ini adalah contoh dari perangkat konvergen.
BlackBerry pertama membuat kemajuan dalam pasar dengan berkonsentrasi pada e-mail. RIM BlackBerry saat ini menawarkan layanan e-mail ke perangkat non-BlackBerry, seperti Palm Treo, melalui perangkat lunak BlackBerry Connect.
Perangkat BlackBerry asli memiliki layar monokrom, tapi semua model saat ini memiliki layar warna. Semua model kecuali untuk Seri Storm memiliki built-in keyboard QWERTY, dioptimalkan untuk "membuka-buka", penggunaan hanya ibu jari untuk mengetik. Storm Storm 1 dan 2 meliputi keypad SureType untuk mengetik, dan adalah dua model yang penuh perangkat layar sentuh tanpa keyboard fisik. A walnya, sistem navigasi dicapai dengan menggunakan roda gulir yang dipasang di sisi kanan telepon sebelum 8700. trackwheel itu diganti dengan trackball dengan memperkenalkan seri Pearl yang memungkinkan untuk menggulir 4 cara. trackball itu diganti dengan trackpad optik dengan memperkenalkan seri Curve 8500. Model dibuat untuk digunakan dengan jaringan iDEN seperti Nextel dan Mike) juga memasukkan Push-to-Talk (PTT) fitur, mirip dengan radio dua arah.
Modern GSM berbasis handheld BlackBerry menyertakan sebuah 7 atau 9 prosesor, sedangkan yang lebih tua 950 dan 957 BlackBerry handheld ARM menggunakan prosesor Intel 80386. GSM BlackBerry model terbaru (8100, 8
300 dan seri 8700) memiliki Intel PXA901 312 MHz processor, 64 MB memori flash dan 16 MB SDRAM [6] CDMA smartphone BlackBerry. Didasarkan pada chipset Qualcomm MSM6x00 yang juga mencakup 9-berbasis ARM prosesor dan GSM 900/1800 roaming (seperti kasus dengan 8830 dan 9500) dan mencakup hingga 256MB flash memory [7] [8] Bold 9650 CDMA adalah yang pertama memiliki 512MB flash memory untuk aplikasi.. Semua BlackBerrys modern mendukung hingga 32GB kartu microSD.
BlackBerry 7250
Sistem operasi yang digunakan oleh perangkat BlackBerry adalah lingkungan multitasking eksklusif dikembangkan oleh RIM. Sistem operasi ini dirancang untuk penggunaan perangkat input seperti roda lagu, lagu bola, dan pad lagu. OS menyediakan dukungan untuk Java MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel dengan Microsoft Exchange Server e mail dan kalender, serta dengan Lotus Domino e-mail. OS 5,0 saat ini menyediakan subset dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail Exchange, kalender, tugas, catatan dan kontak, dan menambahkan dukungan untuk Novell GroupWise dan Lotus Notes.
pengembang pihak ketiga dapat menulis perangkat lunak menggunakan API ini, dan kepemilikan BlackBerry API juga. Setiap aplikasi yang menggunakan fungsi tertentu harus dibatasi secara digital ditandatangani sehingga dapat dikaitkan ke rekening pengembang di RIM. Prosedur ini menjamin penandatanganan kepengarangan aplikasi namun tidak menjamin kualitas atau keamanan kode. RIM menyediakan alat untuk mengembangkan aplikasi dan tema untuk BlackBerry. Aplikasi dan tema dapat diambil ke perangkat BlackBerry melalui BlackBerry App Dunia, Over The Air (OTA) melalui browser ponsel BlackBerry, atau melalui BlackBerry Desktop Manager.
CPU
Awal perangkat BlackBerry menggunakan prosesor Intel-80386-berbasis [9] smartphone BlackBerry seri 8000,. Seperti 8700 dan Pearl, didasarkan pada PXA900 312 MHz ARM XScale ARMv5TE. Pengecualian untuk ini adalah BlackBerry 8707 yang berbasis chipset Qualcomm 80 3.250 MHz; ini karena chipset PXA900 tidak mendukung jaringan 3G. Prosesor 80 MHz di BlackBerry 8707 berarti perangkat sering lambat untuk mendownload dan membuat halaman web melalui 3G dari 8700 itu melalui jaringan EDGE. Pada bulan Mei 2008 RIM memperkenalkan BlackBerry seri 9000 yang dilengkapi dengan XScale 624 prosesor MHz. [10] BlackBerry Curve 8520 dilengkapi dengan prosesor 512mhz, sedangkan Bold 9700 fitur versi yang lebih baru dari Bold 9000 itu prosesor, tetapi clock pada saat yang sama kecepatan.

Software Pendukung
BlackBerry Enterprise Server
Handheld BlackBerry diintegrasikan ke dalam sistem organisasi e-mail melalui paket perangkat lunak yang disebut Blackberry Enterprise Server (BES). Versi BES tersedia untuk Microsoft Exchange, Lotus Domino dan Novell GroupWise. Google telah membuat Konektor untuk membuat BES BES yang tersedia untuk Google Apps juga. Sementara pengguna individu mungkin dapat menggunakan layanan operator nirkabel e-mail tanpa harus menginstal BES sendiri, organisasi dengan beberapa pengguna yang biasanya dikelola BES pada jaringan mereka sendiri. Beberapa perusahaan pihak ketiga menyediakan solusi host BES. Setiap BlackBerry memiliki ID disebut PIN BlackBerry, yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat ke BES. BlackBerry sekarang menyediakan layanan BES gratis bernama BES Express.
  A close-up layout yang khas BlackBerry
BES bertindak sebagai relay e-mail untuk account korporasi sehingga pengguna selalu memiliki akses ke e-mail mereka. Perangkat lunak memantau pengguna Kotak masuk lokal, dan ketika sebuah pesan baru masuk, itu mengambil pesan dan lolos ke RIM Network Operations Center (NOC). Pesan tersebut kemudian diteruskan ke operator selular pengguna, yang pada gilirannya memberikan mereka untuk perangkat BlackBerry pengguna.
Ini disebut push e-mail, karena semua e-mail baru, kontak dan entri kalender didorong ke perangkat BlackBerry secara otomatis dan cepat (yang bertentangan dengan pengguna sinkronisasi data secara manual atau memiliki polling perangkat server pada interval). BlackBerry juga mendukung email pemungutan suara, yang adalah bagaimana mendukung POP. Perangkat penyimpanan juga memungkinkan pengguna mobile untuk mengakses semua data off-line di daerah tanpa layanan nirkabel. Bila pengguna menghubungkan ke layanan nirkabel, BES mengirimkan data terbaru.
Sebuah fitur yang disertakan dalam model-model baru dari BlackBerry ini adalah kemampuan untuk dengan cepat melacak lokasi aktual Anda melalui Trilateration tanpa menggunakan GPS, sehingga menghemat baterai dan waktu. Trilateration dapat digunakan sebagai cara intensif baterai, cepat kurang untuk menyediakan aplikasi lokasi-sadar dengan co-ordinates pengguna. Namun, akurasi Trilateration BlackBerry kurang dari GPS karena sejumlah faktor, termasuk penyumbatan sel menara dengan gedung-gedung besar, pegunungan, atau jarak.
BES juga menyediakan handheld dengan TCP / IP konektivitas diakses melalui komponen yang disebut "Mobile Data Service - Layanan Koneksi" (MDS-CS). Hal ini memungkinkan untuk pengembangan aplikasi kustom menggunakan data stream pada perangkat BlackBerry berdasarkan platform Sun Microsystems Java ME.
Selain itu, BES menyediakan keamanan jaringan, dalam bentuk Triple DES atau, baru-baru ini, enkripsi AES dari semua data (baik e-mail dan lalu lintas MDS) bahwa perjalanan antara genggam BlackBerry dan BlackBerry Enterprise Server.
Kebanyakan penyedia menawarkan harga bulanan flat untuk data tidak terbatas antara unit BlackBerry dan BES. Selain menerima e-mail, organisasi dapat membuat intranet atau aplikasi internal kustom dengan lalu lintas unmetered.
Dengan versi yang lebih baru dari platform BlackBerry, MDS tidak lagi menjadi syarat bagi akses data nirkabel. Dimulai dengan OS 3,8 atau 4,0, BlackBerry handheld dapat mengakses Internet (misalnya TCP / IP akses) tanpa MDS - sebelumnya hanya e-mail dan akses WAP mungkin tanpa BES / MDS. BES / MDS masih diperlukan untuk e-mail aman, akses data, dan aplikasi yang membutuhkan WAP dari operator yang tidak membolehkan akses WAP.
BlackBerry Internet Service
Alternatif utama untuk menggunakan BlackBerry Enterprise Server adalah dengan menggunakan Layanan Internet BlackBerry. BlackBerry Internet Service, atau BIS tersedia di 91 negara internasional. BlackBerry Internet Service dikembangkan terutama untuk konsumen daripada rata-rata untuk konsumen bisnis. BlackBerry Internet Service memungkinkan integrasi IMAP POP3 dan email untuk pengguna pribadi individu. BlackBerry Internet Service memungkinkan hingga 10 account email yang akan diakses, termasuk banyak account email populer seperti Gmail, Hotmail, Yahoo dan AOL. Layanan Internet BlackBerry juga memungkinkan untuk fungsi push kemampuan dalam berbagai Aplikasi BlackBerry lainnya. Berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh RIM untuk memanfaatkan kemampuan push Blackberry dari BIS, seperti klien Instant Messaging, Google Talk, ICQ, Windows Live Messenger dan Yahoo Messenger. Jaringan Sosial Facebook, Myspace dan sistem pemberitahuan kericau's diakses melalui BIS, memungkinkan untuk pemberitahuan mendorong mereka.
BlackBerry Messenger
BlackBerry baru menggunakan perangkat BlackBerry Messenger eksklusif, juga dikenal sebagai BBM, perangkat lunak untuk mengirim dan menerima pesan instan melalui BlackBerry PIN atau barcode scan. BlackBerry messenger memungkinkan untuk pesan instan yang akan dikirim secara internasional tanpa biaya pesan teks biasa. BlackBerry messenger juga memungkinkan untuk menampilkan nama, menampilkan gambar dan pesan pribadi, dan memberikan dan membaca pemberitahuan. Ada juga program BlackBerry Aliansi mitra yang bekerja di bawah kontrak dengan Research In Motion untuk membuat aplikasi baru BlackBerry. Aplikasi yang umum termasuk dikte digital, pelacakan GPS, CRM dan manajemen biaya. Pada 6 Oktober 2009 BlackBerry Messenger 5.0 resmi dirilis, menambahkan serangkaian fitur baru, termasuk bar code scanning untuk menambahkan kontak, profil, berbagi lokasi Anda melalui GPS, dan membuat kelompok. Keuntungan nyata dari BBM adalah bahwa banyak seperti berbasis internet yang kontra-bagian, juga memungkinkan pengguna untuk terhubung ke pengguna lain di seluruh dunia.
Perangkat lunak pihak ketiga yang tersedia untuk digunakan pada perangkat BlackBerry termasuk sistem manajemen database dengan fitur lengkap, yang dapat digunakan untuk mendukung klien customer relationship management dan aplikasi lain yang harus mengatur volume besar data yang berpotensi kompleks.
Julukan
Kemampuan untuk membaca e-mail yang diterima secara real time, di mana saja, telah membuat perangkat BlackBerry infamously adiktif, produktif mereka julukan "CrackBerry", sebuah referensi untuk bentuk freebase kokain dikenal sebagai retak, yang juga sangat adiktif. Penggunaan istilah CrackBerry menjadi begitu meluas bahwa pada bulan November 2006 Webster's New World College Dictionary bernama "crackberry" "New Word of the Year" [12] Sebuah forum pengguna BlackBerry populer disebut crackberry.com..
Sebuah kecenderungan pengguna operasi blackberry sementara di kamar kecil telah menerima perangkat julukan menghina "BrownBerry", mengacu pada kotoran.
Ketika digabungkan dengan layanan Mobile Boost, telepon pintar kadang-kadang disebut sebagai "BoostBerry".
Banyak pengguna juga lihat ponsel pintar BlackBerry pada umumnya hanya sebagai "berries," pemijahan sebuah litani cabang. Misalnya, "berry thumb" atau "melepuh berry" adalah rasa sakit yang terjadi dari penanganan keyboard.
Di beberapa bagian Skotlandia dan Inggris, pengguna Blackberry mereka lihat sebagai sebuah "Bramble", dengan cara yang sama bahwa buah blackberry dikenal di Skotlandia sebagai Bramble tersebut. Pengguna di Inggris dan Skotlandia juga merujuk ke BlackBerry Messenger Pins sebagai "Thorns", meskipun hal ini penggunaan tidak luas dan terbatas pada kantong kecil di utara Inggris dan Skotlandia.
Banyak orang juga menyebutnya "BB" yang singkatan dari BlackBerry. "BB" adalah nama panggilan paling banyak digunakan BlackBerry di Thailand, Panama, dan banyak negara lainnya.
BlackBerry Curve 9300, BB Gemini versi 3G
Keunggulan
Kemampuan akses data (Internet)., BlackBerry Curve 3G 9300 disematkan kemampuan 3G HSDPA.

Selain itu, BlackBerry anyar yang juga memiliki navigasi optical trackpad serta keypad Qwerty ini juga langsung dilengkapi sistem operasi terbaru, yaitu OS BlackBerry 6.

Keunggulan lainnya, BlackBerry Curve 3G 9300 juga akan mendukung penerima GPS atau A-GPS dan BlackBerry Maps. Di samping itu, akses WLAN-nya juga ditingkatkan menjadi Wi-Fi 802.11 b/g/n.

BlackBerry Curve terbaru yang beroperasi di jaringan HSDPA 900/1700/2100 ini ditenagai prosesor sekencang 512 MHz, memori sebesar 256 MB, serta kamera 2 megapiksel yang juga mampu merekam video dan pemutar media yang komprehensif.

Kelemahan Blackberry Attachment Service
Kelemahan yang ada pada software BlackBerry disinyalir akan memudahkan hacker untuk melakukan eksekusi kode jarak jauh. Kemudian dari sana akan mengontrol BlackBerry Enterprise Server.
Kelemahan tersebut akan menyebabkan pengguna BlackBerry mengirimkan sebuah email yang mengandung attachment file PDF yang 'jahat'. Alhasil ketika dibuka untuk dilihat di smartphone BlackBerry, akan menyebabkan korupsi memori dan memungkinkan terjadinya serangan eksekusi kode di komputer yang memiliki layanan BlackBerry Attachment Service.
Kelemahan multi menggunakan uji coba system scoring Common Vulnerability Scoring System telah menemukan kelemahan dalam PDF distiller dari Attachment Service.
Blackberry sebagai smartphone punya layanan sejumlah fitur seperti surat elektronik (e-mail), penelusuran jejaring (web browsing), serta layanan roaming on messenger. Layanan roaming on messenger memungkinkan pengguna telepon seluler negara mana pun bisa mengakses operator layanan domestik saat tengah berada di negara itu.

Tidak ada komentar: